Fungsi dan cara kerja router terhubungan ke internet 1500 x 750
Fungsi dan cara kerja jaringan router internet

Router Adalah: Fungsi dan Cara Kerjanya untuk Terhubung ke Jaringan Internet

Router adalah nama perangkat atau alat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan internet. Proses penyambungan ke jaringan internet tersebut dinamakan dengan routing.

Berkat proses routing itulah, perangkat Anda berupa ponsel, PC, hingga laptop dapat digunakan untuk berselancar di dunia maya. Selengkapnya informasi tentang router, simak ulasan berikut ini.



Router Adalah Alat Penting untuk Proses Routing

Alat yang disebut router berperan dalam mentransmisikan paket data menjadi jaringan internet ke perangkat terhubung lewat proses routing. Secara sederhana router bertugas mengelola lalu lintas jaringan maupun sub jaringan.

Router dan modem merupakan perangkat yang sama-sama digunakan untuk menghubungkan jaringan internet ke suatu perangkat. Meski demikian, keduanya memiliki peran yang berbeda. Perbedaan router dengan modem antara lain sebagai berikut.

1. Router membentuk jaringan dan mengelola aliran data, sementara modem mengubah sinyal ISP ke digital;

2. Router dapat terhubung ke berbagai perangkat melalui wifi, sedangkan modem hanya dapat dikoneksikan ke satu atau beberapa saja dengan bantuan software khusus;

3. Adanya private IP address pada router, sedangkan pada modem memakai public IP address;

4. Bisa mendistribusikan jaringan ke Local Area Network (LAN) untuk router, sementara modem hanya bisa menggunakan Wide Area Network (WAN);

5. Router memiliki ethernet port dengan jumlah lebih banyak ketimbang modem, karena digunakan untuk dapat terhubung ke berbagai perangkat internet.



Kegunaan Router

Secara umum kegunaan router ialah sebagai perangkat untuk mengelola lalu lintas jaringan dan membagikan koneksi internet. Selain itu, router juga memiliki kegunaan lain yang lebih spesifik sebagai berikut.

1 Mentransmisikan informasi ke jaringan lainnya;

2 Membaca alamat IP darimana sumber dan tujuannya untuk apa;

3 Menghubungkan suatu jaringan ke DSL;

4 Menyambungkan jaringan ke berbagai perangkat untuk pembagian paket data;

5 Memfilter paket data yang sedang melakukan operasi pada suatu jaringan.

Cara Kerja Router

Proses kerja router yakni dengan mengarahkan suatu jaringan data memakai routing table. Cara tersebut dimaksudkan untuk menentukan jalur yang akan dilalui suatu paket data dalam mencapai tujuannya.

Dalam hal ini paket data membawa berbagai informasi seperti tipe data, alamat IP tujuan, dan pengirim. Sesuai fungsinya, router akan membaca setiap bagiannya dan menentukan rute untuk melakukan transmisi data.

Router adalah alat yang cukup banyak digunakan saat ini di rumah-rumah untuk mengkoneksikan jaringan internet melalui wifi. Percayakan kebutuhan berbagai perangkat IT termasuk router kepada kami.

PT Integrasi Nusantara Indonesia sebagai vendor yang siap melayani di bidang pengadaan software dan hardware IT, siap membantu. Hubungi kami dan dapatkan berbagai rekomendasi atau penawaran melalui situs resmi PT Integrasi Nusantara Indonesia.