jenis lisensi windows microsoft

3 Jenis Lisensi Windows dengan Hak Paten, Skip Bajakan!

Lisensi Windows merupakan salah satu pertimbangan yang perlu konsumen lakukan ketika membeli laptop. Memakai lisensi yang original akan memberikan banyak keuntungan ketimbang bajakan.

Oleh karenanya dengan mengetahui 3 jenis lisensi pada Windows, dapat membantu konsumen dalam menghindari yang bajakan. Sehingga manfaat yang diperoleh akan lebih maksimal, terlebih untuk para developer dan programmer.

Jenis Lisensi Windows Kredibel dengan Hak Patennya

Sistem operasi Windows banyak digunakan untuk berbagai merek laptop di pasaran. Selain itu konsumen juga banyak yang menggunakan Windows ketimbang sistem operasi lain.

Microsoft merilis beberapa jenis lisensi yang diberikan kepada para pengguna Windows dengan tipe yang berbeda. Berikut 3 jenis lisensi pada sistem operasi Windows yang perlu pengguna kenali.

1. Lisensi Retail

Biasa dikenal dengan lisensi full package product. Merupakan jenis lisensi yang dapat pengguna peroleh dari toko penjual lisensi resmi atau Microsoft Store.

Produk fisik pada lisensi retail antara lain berupa box, manual book, disk, dan produk kunci untuk melakukan aktivasi. Pada jenis lisensi ini, pengguna bisa memindahkannya dari PC satu ke PC yang lainnya.

Lisensi retail hanya bisa digunakan untuk 1 PC saja. Oleh karenanya sebelum memindahkan ke PC lain perlu dinonaktifkan terlebih dahulu.

2. Original Equipment Manufacture (OEM)

Termasuk jenis lisensi yang diproduksi oleh perusahaan vendor laptop. Seringkali jenis lisensi OEM sudah tertanam pada perangkat keras, baik laptop maupun PC. Pengguna tidak bisa memindahkan lisensi dari satu PC ke perangkat lainnya.

Lisensi OEM terikat dengan motherboard. Sehingga pengguna akan kehilangan lisensi saat melakukan penggantian motherboard. Namun komponen lain selain motherboard masih dapat diupgrade.

Lisensi OEM tidak bisa diperjualbelikan ke orang lain. Pengguna akan memperoleh support dari perusahaan vendor terkait Windows, bukan dari Microsoft.

3. Lisensi Volume

Termasuk jenis lisensi yang dapat digunakan untuk banyak perangkat keras secara bersamaan. Microsoft mengeluarkan lisensi jenis volume diperuntukkan bagi para pelaku bisnis yang memakai banyak perangkat komputer.

Memahami jenis lisensi Windows dapat membantu Anda dalam menghindari yang bajakan. Sehingga bisa memperoleh berbagai keuntungan dari penggunaan Windows original.

Artikel terkait