6 Jenis Router yang Perlu Diketahui, Beda Bentuk dan Konfigurasi

6 Jenis Router yang Perlu Diketahui, Beda Bentuk dan Konfigurasi

Jenis router ada beberapa macam, menyesuaikan bentuk dan konfigurasinya. Anda bisa menggunakan router dengan jenis tertentu sesuai kebutuhan.

Di era digital seperti saat ini, router banyak dibutuhkan masyarakat untuk mengkoneksikan jaringan internet ke perangkatnya. Koneksi internet banyak dibutuhkan, mulai dari sektor bisnis, pendidikan, hingga sekadar untuk hiburan.

Beberapa Jenis Router Sesuai Bentuk dan Konfigurasinya

Berikut jenis-jenis router untuk membentuk jaringan internet yang bisa Anda ketahui sesuai dengan bentuk dan konfigurasinya.

1. Router Hardware

Termasuk jenis dari router yang bentuknya seperti perangkat keras dan berperan dalam membagikan alamat IP kepada jaringan internet yang terkoneksi. Router hardware paling umum digunakan, contohnya seperti mikrotik dan juga cisco.

2. Router Aplikasi

Merupakan router yang bisa didownload melalui sistem operasi seperti Mac OS, Windows, maupun Linux. Router tersebut bisa digunakan sebagaimana software aplikasi yang telah terinstall di suatu perangkat.

Sementara penggunaannya disesuaikan dengan perangkat yang ada atau sedang tersedia.

3. Static Router

Router jenis statis ini disesuaikan berdasarkan dari konfigurasinya. Yang mana bisa melakukan proses routing jaringan serta konfigurasi dengan cara manual. Sementara untuk penerapannya dapat diaplikasikan ke jaringan multi akses.

Pengaturan pada router jenis statis merupakan yang cukup sederhana pada sistem jaringan komputer. Hal ini terjadi karena adanya administrator yang mengisi bagian tabel entri router yang terkoneksi pada jaringan tersebut dan cocok untuk penggunaan skala kecil.

4. Router PC

Mirip dengan router jenis aplikasi yag perlu diunduh melalui perangkat komputer untuk bisa dipakai melakukan routing. Cara pengunduhannya bisa melalui komputer yang memiliki minimal processor Intel Pentium 2.

5. Wireless Router

Bisa disebut sebagai router nirkabel yang memberikan penawaran koneksi wifi ke perangkat pengguna. Wireless router juga menyediakan routing ethernet standar untuk beberapa sistem jaringan dengan kabel.

Jenis wireless router dapat menghasilkan sinyal secara efektif yang cocok untuk kebutuhan rumah dan kantor dengan jangkauan seluruh perangkat. Kontrol serta konektivitas keamanan yang cukup bagus, membuatnya cocok untuk kebutuhan bisnis.

6. Dinamis Router

Merupakan jenis yang bisa melakukan pembuatan tabel routing secara otomatis sesuai dengan lalu lintas jaringan yang terkoneksi. Sederhananya router dinamis bisa berubah, termasuk alamat IPnya. Cocok digunakan untuk skala besar.

Sesuai dengan bentuk dan konfigurasinya, jenis router dapat dibagi menjadi 6. Yang mana masing-masing pengaplikasiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan kondisi sinyal jaringan yang ada.

Konsultasikan kebutuhan terkait pengadaan barang dan jasa di bidan IT kepada kami melalui situs resmi PT Integrasi Nusantara Indonesia.